Blog Contoh Majas

7 Contoh Teks Eksplanasi Banjir beserta Penjelasan Strukturnya

Contoh Teks Eksplanasi – Teks eksplanasi tentang fenomena alam banyak dicari sekarang ini karena sering dijadikan tugas sekolah oleh bapak ibu guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Salah satu yang cukup mudah dibuat adalah tentang teks eksplanasi banjir. Nah, bagi kamu yang membutuhkan inspirasi dan referensi tentang bagaimana cara membuat teks eksplanasi banjir, silakan simak pembahasan berikut ini.

Teks Eksplanasi Banjir

Teks eksplanasi punya struktur pokok yang terdiri dari 3 bagian utama, yaitu pernyataan umum (general statement), penjelasan, dan penutup (interpretasi). Ketiga bagian dari struktur teks eksplanasi tersebut dapat ditemukan dalam contoh teks eksplanasi banjir berikut ini.

Contoh Teks Eksplanasi Banjir

***

Contoh Teks Eksplanasi Banjir


[Teks Eksplanasi Banjir : 1] Banjir adalah kondisi suatu wilayah yang tergenang air dalam jangka waktu yang lama. Banjir membuat masyarakat mengalami keterbatasan dalam menjalankan aktivitasnya. Roda pemerintahan, roda ekonomi, dan kegiatan pendidikan terhenti karena air menggenangi wilayah tempat tinggal mereka.

[Teks Eksplanasi Banjir : 2] Banjir bukan hanya terjadi akibat faktor alam. Hujan deras memang menjadi salah satu penentu terjadinya banjir di suatu wilayah. Namun, selain itu faktor manusia seperti kebiasaan menggunduli hutan di daerah hulu, membuang sampah sembarangan, serta menempati daerah bantaran sungai, justru memegang peranan penting dalam terjadinya bencana ini.
Menggunduli hutan di daerah hulu merupakan faktor penyebab terjadinya banjir di daerah hilir. Dengan gundulnya hutan, air hujan menjadi tidak dapat terserap seluruhnya secara maksimal ke dalam tanah. Air tersebut kemudian mengalir ke tempat yang lebih rendah, terakumulasi dan berkumpul mengarah ke daerah hilir sehingga menyebabkan banjir.

Selain karena gundulnya hutan, faktor maasyarakat yang kerap membuang sampah sembarangan ke badan sungai juga perlu menjadi perhatian. Sampah yang dibawa di badan air akan terakumulasi dan menyebabkan pendangkalan sungai, selain itu, ia akan menghambat proses limpasan karena memampetkan saluran-saluran yang membawa air ke laut.

Di daerah padat penduduk, seperti di ibukota Jakarta bantaran sungai kerap dijadikan tempat bermukim bagi masyarakat kelas marginal. Kebiasaan ini juga berpengaruh besar pada terjadinya banjir. Untuk itu program relokasi menjadi satu-satunya jawaban untuk mengurangi faktor terjadinya banjir ini.

[Teks Eksplanasi Banjir : 3] Dari penjelasan yang disampaikan, dapat disimpulkan bahwa banjir lebih banyak dipengaruhi oleh aktivitas manusia yang tak mampu dan tak mau menjaga lingkungannya. Oleh karenanya diperlukan suatu kesadaran dari setiap lapisan masyarakat untuk dapat melakukan tindakan-tindakan yang bisa mencegah terjadinya bencana alam ini.

***
Keterangan Struktur Teks Eksplanasi
[1] General statement, karena berisi penjelasan-penjelasan yang sifatnya umum.
[2] Penjelasan, karena berisi proses sebab dan akibat terjadinya banjir.
[3] Interpretasi, karena berisi kesimpulan tentang teks yang telah dijelaskan sebelumnya.
Demikianlah penjelasan yang dapat kami berikan tentang contoh teks eksplanasi banjir. Dari teks tersebut, kita bisa melihat adanya 3 struktur yang melekat dan memiliki fungsi masing-masing. Cukup bisa dipahami bukan? Silakan buat contoh teks eksplanasi banjir lainnya, dan bila masih kesulitan Anda boleh melihat struktur contoh teks eksplanasi pelangi pada artikel selanjutnya.

0 Response to "7 Contoh Teks Eksplanasi Banjir beserta Penjelasan Strukturnya"