Blog Contoh Majas

20 Contoh Barang Komplementer, Gambar, dan Penjelasannya

Di artikel sebelumnya kita telah membahas tentang beberapa contoh barang substitusi, sehingga di artikel kali ini kita akan melanjutkan pembahasannya, yaitu tentang contoh barang komplementer. Nah, apakah Anda sudah tahu tentang apa yang dimaksud dengan barang komplementer itu? Apa saja contoh barang komplementer yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari? Ketahui jawabannya pada pembahasan berikut.

Contoh Barang Komplementer

Jika barang substitusi didefinisikan sebagai barang yang memiliki hubungan dapat saling menggantikan, maka pengertian barang komplementer adalah barang yang memiliki hubungan saling melengkapi dengan barang lain.

Contoh Barang Komplementer

Ada banyak contoh barang yang memiliki hubungan komplementer atau saling melengkapi satu sama lain sebagai alat pemenuhan kebutuhan manusia. Apa saja ya?

1. Gula dan Kopi

Pernah membuat segelas kopi? Anda tentu butuh gula dan kopi bukan? Gula dan kopi adalah 2 contoh barang komplementer atau saling melengkapi. Bila hanya ada gula, maka Anda hanya bisa membuat air gula, sementara bila hanya ada kopi, Anda hanya bisa membuat kopi yang pahitnya luar bisa.

2. Dispenser dan Galon

Galon dan dispenser juga merupakan 2 barang yang saling berkomplementer. Jika hanya ada galon, Anda pasti akan kesulitan saat menuangkan air ke dalam gelas. Begitupun jika hanya ada dispenser, air apa yang hendak Anda tuangkan. Betul khan?

3. Handphone dan Charger

Saat ini, semua orang memiliki handphone atau ponsel. Handphone tersebut tidak akan berfungsi bila baterainya tidak memiliki daya. Dibutuhkan charger untuk mengecharge-nya. Begitupun bila hanya ada charger, kita tidak akan mendapatkan manfaat apa-apa dari keberadaannya. Keduanya termasuk contoh barang komplementer yang saling melengkapi.

4. Buku dan Pensil

Buku tulis dan pensil yang Anda bawa sehari-hari ke sekolah juga termasuk contoh barang komplementer. Anda tidak akan bisa menulis apa yang disampaikan oleh guru di kelas bila tidak memiliki keduanya.

5. Kompor dan Gas

Saat memasak di dapur, Anda tentu menggunakan 2 alat utama yaitu kompor dan gas yang berada di dalam tabung. Jika salah satu di antara keduanya tidak ada, misalnya gas dalam tabung habis, maka kompor pasti tidak akan bisa menyala dan Anda pun pasti tidak jadi memasak. Begitupula sebaliknya.

6. Motor dan Bensin

Motor dapat bergerak dan dikendarai karena adanya bahan bakar yang dikonsumsinya. Bila tanpa bahan bakar, maka dipastikan motor harus didorong untuk bisa melaju, sehingga kebutuhan kita dalam hal transportasi tidak akan terpenuhi. Begitupun bila hanya ada bensin, kita juga tidak akan bisa bertransportasi dengan mengandalkannya saja.

7. TV dan Antena

Kita dapat menonton TV dirumah bukan semata-mata karena hanya ada TV saja. Untuk memperoleh gambar yang bening dan cerah, kita membutuhkan antena yang biasanya terpasang di luar rumah. Antara TV dan antena memiliki hubungan yang saling melengkapi dengan kata lain keduanya termasuk contoh barang komplementer sebagai alat pemenuhan kebutuhan manusia dalam hal hiburan.

Nah, demikianlah sekilas pembahasan yang dapat  kami sampaikan tentang pengertian dan contoh barang komplementer. Semoga bisa dipahami dengan baik, sehingga Anda dapat menuliskan beberapa contoh barang komplementer lainnya yang terdapat di sekitar lingkungan Anda. Salam.

0 Response to "20 Contoh Barang Komplementer, Gambar, dan Penjelasannya"