Blog Contoh Majas

20 Contoh Kebutuhan Sekunder, Gambar, dan Penjelasannya

Contoh Kebutuhan Sekunder - Berdasarkan hierarki intensitas dan tingkat kegentinganya, kebutuhan hidup manusia dapat diklasifikasikan menjadi 3 jenis, yaitu kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier. Jika di artikel sebelumnya kita telah membahas tentang apa itu kebutuhan primer dan contohnya, di artikel kali ini kita akan membahas tentang pengertian dan contoh kebutuhan sekunder. Apa pengertian kebutuhan sekunder? Seperti apa contohnya? Apa yang membedakan kebutuhan primer dan kebutuhan sekunder? Ketahui jawabannya pada pembahasan berikut ini!

Contoh Kebutuhan Sekunder

Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan kedua atau kebutuhan penunjang. Artinya kebutuhan sekunder menjadi kebutuhan yang perlu dipenuhi sebagai penunjang kebutuhan primer yang sudah terlebih dahulu terpenuhi. Meski hanya sebagai penunjang atau pelengkap, kebutuhan sekunder tetaplah harus dipenuhi setiap orang supaya mereka dapat mencapai kehidupan yang layak.

Contoh Kebutuhan Sekunder

Ada banya contoh kebutuhan sekunder yang setiap hari kita gunakan dalam hidup kita. beberapa di antaranya yaitu pariwisata, hiburan, perlengkapan rumah, perlengkapan pakaian, komunikasi, transportasi, dan informasi. Berikut ini penjelasan dari masing-masing contoh kebutuhan sekunder tersebut lengkap dengan gambarnya.

1. Pariwisata

Untuk mendapatkan kehidupan yang bahagia atau layak, sesekali kita butuh berekreasi. Rekreasi atau pariwisata membuat penat dan kejenuhan hilang. Kita bisa terhindar dari stress dan lelah berlebihan jika memenuhi kebutuhan diri kita akan rekreasi. Kendati begitu, tanpa rekreasi sebetulnya kita juga tetap bisa bertahan hidup. Oleh karenanya, kebutuhan rekreasi sendiri termasuk contoh kebutuhan sekunder.

2. Hiburan

Seperti halnya rekreasi dan pariwisata, kebutuhan akan hiburan juga termasuk contoh kebutuhan sekunder. Kebutuhan ini tidak mempengaruhi kelangsungan hidup seseorang, akan tetapi mereka dapat memperoleh hidup yang layak jika memenuhinya sebagai suatu alat untuk mendapatkan kenyamanan.

3. Perlengkapan Rumah

Rumah memang termasuk contoh kebutuhan primer, namun sebuah rumah tidak akan berfungsi dengan baik jika didalamnya tidak terdapat perlengkapan yang menunjang fungsi rumah sebagai hunian. Beberapa contoh perlengkapan rumah misalnya lemari, tempat tidur kursi, meja, rak piring, dan lain sebagainya. Semua barang-barang dalam perlengkapan rumah tersebut termasuk contoh kebutuhan sekunder bagi setiap orang.

4. Perlengkapan Pakaian

Sama seperti rumah, pakaian juga termasuk kebutuhan primer. Pakaian digunakan sebagai sarana untuk melindungi diri dari suhu ekstrim dan gangguan lingkungan luar. Kendati begitu, fungsi pakaian tidak dapat mutlak lengkap jika tidak ditunjang dengan perlengkapan pakaian. Kaus kaki, kaus dalam, topi, sepat termasuk contoh perlengkapan pakaian yang juga merupakan kebutuhan sekunder.

5. Komunikasi

Anda mungkin sering BBM-an, Whats Up, menelpon, SMS atau chating dengan teman Anda. Aktivitas tersebut ditunjang dengan adanya sarana komunikasi, terutama handphone dan pulsa. Keduanya termasuk contoh kebutuhan sekunder karena bukan merupakan kebutuhan dasar, namun jika tidak terpeuhi akan membuat kita kesulitan.

6. Transportasi

Sarana transportasi miliki sendiri termasuk contoh kebutuhan sekunder. Keberadaannya akan memudahkan mobililsasi dan gerak kita sebagai manusia yang dinamis. Namun, jika tidak tersedia, mereka juga tidak mempengaruhi kelangsungan hidup kita. Oleh karenanya, barang-barang tersebut juga termasuk contoh kebutuhan sekunder bagi kita.

7. Informasi

Berita dan informasi kita butuhkan untuk mengetahui perkembangan aktual dalam kehidupan. Kendati tidak mempengaruhi kelangsungan hidup, kita tetap membutuhkan keduanya agar tidak sampai kuper dan kurang wawasan. Dalam hal ini, informasi dan berita juga termasuk contoh kebutuhan sekunder.

Nah, demikianlah pembahasan yang dapat kami sampaikan perihal pengertian dan contoh kebutuhan sekunder yang kita selalu penuhi dalam kehidupan sehari-hari. Dari pembahasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa kebutuhan sekunder adalah kebutuhan penunjang bagi kebutuhan primer. Semoga bermanfaat dan mari lanjutkan pembahasan artikel berikutnya tentang contoh kebutuhan tersier.

0 Response to "20 Contoh Kebutuhan Sekunder, Gambar, dan Penjelasannya"