Blog Contoh Majas

25+ Contoh Majas Depersonifikasi dan Pengertiannya Lengkap

Contoh Majas Depersonifikasi – Jika pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang contoh majas personifikasi, pada kesempatan kali ini blog contohmajasku.blogspot.com akan mengulas sedikit informasi tentang majas yang menjadi kebalikan dari personifikasi. Majas tersebut adalah majas depersonifikasi. Apa itu majas depersonifikasi? Bagaimana hubungan antara personifikasi dan depersonifikasi? Untuk mengetahui jawabannya, silakan pahami dengan seksama artikel berikut ini.

Pengertian dan Contoh Majas Depersonifikasi

Dirunut dari bahasanya, depersonifikasi berarti tidak memanusiakan. Adapun berdasarkan istilahnya, pengertian majas depersonifikasi dapat diartikan sebagai suatu gaya bahasa (majas) yang dibuat dengan membuat manusia menjadi memiliki sifat-sifat benda mati atau benda-benda lainnya yang bukan manusia. Berdasarkan pengertian tersebut, dapat kita tarik kesimpulan bahwa majas personifikasi adalah kebalikan dari majas personifikasi.

Contoh Majas Depersonifikasi

Majas depersonifikasi merupakan bagian dari majas perbandingan. Hal ini karena majas depersonifikasi menjadi majas yang membandingkan sifat-sifat manusia dengan sifat benda-benda lain yang bukan manusia secara linier. Perlu diketahui pula bahwa sebagian majas metafora ternyata juga merupakan bagian dari majas depersonifikasi ini.

Contoh Majas Depersonifikasi

Contoh majas depersonifikasi dapat kita temukan dalam ungkapan “hatinya telah membatu”. Dalam ungkapan tersebut, hati yang merupakan bagian dari tubuh manusia disamakan dengan batu atau benda-benda keras. Padahal sejatinya, maksud dari ungkapan tersebut adalah hati seseorang yang dimaksud telah bebal dan sulit untuk dinasehati.

Selain contoh di atas, kita juga dapat menemukan contoh majas depersonifikasi lainnya dalam percakapan kita sehari-hari, baik secara sadar dan sengaja, maupun tidak. Berikut ini contoh kalimat majas depersonifikasi lainnya yang mungkin bisa membantu pemahaman Anda mengenai apa itu pengertian majas depersonifikasi.
  1. Dia tetap saja mematung padahal polisi sudah berusaha keras mengintrogasinya.
  2. Bila engkau bunga, akulah yang jadi kumbangnya.
  3. Hatinya tetap membatu, padahal semua orang sudah berusaha menasihatinya.
  4. Orang di kecamatanku tampak menyemut saat hiburan dangdut Haji Rhoma Irama digelar di lapangan desa.
  5. Dia sudah mulai melunak setelah bukti-bukti kejahatannya terungkap.
  6. Sikapnya sudah berubah, kini dia tampak lebih membaur dengan yang lain.
  7. Hatinya mencair setelah menyadari kesalahan yang dilakukannya ternyata telah membuat banyak orang kecewa.
  8. Pikirannya meluas setelah merantu selama 4 tahun di Jakarta.
  9. Jiwanya membara mendengar orang tuanya kawin lagi.
  10. Keduanya saling memanas dalam duel maut yang digelar semalam.
  11. Tekadnya membaja setelah cobaan-cobaan yang datang silih berganti.
  12. Akhirnya niatku semakin bulat untuk meninggalkanmu setelah kau mengecewakanku.

Nah, itulah beberapa contoh majas depersonifikasi dalam kalimat yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga dengan contoh-contoh di atas, Anda semua semakin paham terhadap bentuk dan jenis majas tersebut. Terakhir kali, jangan lupa untuk mengunjungi artikel kami lainnya yang masih berkutat soal majas, yaitu contoh majas alusio. Simak juga rangkuman tentang Macam Macam Majas dan Contohnya.

0 Response to "25+ Contoh Majas Depersonifikasi dan Pengertiannya Lengkap"