Blog Contoh Majas

20 Contoh Barang Substitusi, Gambar, dan Pengertiannya

Menurut hubungannya dengan barang lain, barang dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu barang substitusi dan barang komplementer. Apakah barang subsitusi dan barang komplementer itu? Seperti apa contoh barang substitusi dan seperti apa contoh barang komplementer? Di artikel kali ini kalian akan mendapatkan jawabannya. Silakan disimak dengan seksama!

Contoh Barang Substitusi

Dirunut dari pengertiannya, dapat diartikan bahwa barang subsitusi adalah barang yang memiliki hubungan dapat saling menggantikan dengan barang lain. Bila suatu barang tidak ada, maka barang subsitusi akan dapat menggantikan fungsi dan perannya.

Contoh Barang Substitusi

Dalam kehidupan sehari-hari, terdapat beberapa contoh barang subsitusi yang sering kita manfaatkan. Berikut contoh-contoh tersebut lengkap dengan penjelasannya.

1. Nasi dan Mie Instan

Contoh barang subsitusi yang pertama yaitu antara nasi dan mie instan. Saat lapar kita butuh makan. Meskipun makanan pokok kita adalah nasi dilengkapi dengan beragam sayur dan lauk pauk, namun dalam kondisi mendesak, kita dapat menggantikannya dengan mie instan. Mie instan memiliki fungsi yang sama dengan nasi, yaitu sebagai sumber energi untuk aktivitas sehari-hari.

2. Pulpen dan Spidol

Saat tinta pulpen habis dan tak mungkin lagi untuk membelinya di warung, Anda tetap dapat memanfaatkan spidol di tas Anda untuk menulis. Fungsi pulpen secara sederhana dapat tergantikan oleh keberadaan spidol. Kendatipun tulisan yang dihasilkan akan berukuran lain, namun tetap saja keduanya dapat saling menggantikan.

3. Laptop dan Komputer

Laptop digunakan untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah. Bila laptopmu suatu ketika rusak karena terkena virus atau kendala lainnya, kamu tetap dapat mengerjakan tugas sekolah dengan memanfaatkan komputer ayahmu dirumah. Antara laptop dan komputer saling memiliki fungsi yang sama, oleh karenanya hubungan keduanya dapat dijadikan contoh barang substitusi.

4. Santan Kelapa dan Santan Kemasan

Pernahkah suatu ketika ibumu hendak membuat kolak, lalu kehabisan kelapa di pasar? Jika iya, apakah ibumu menggagalkan rencananya? Tentu tidak bukan? Karena kelapa yang hendak diambil santannya tidak tersedia, ibumu pasti akan membeli santan kemasan. Santan kelapa digantikan dengan santan kemasan untuk membuat kolak yang manis dan enak karena keduanya memiliki fungsi dan kegunaan yang sama.

5. Premium dan Pertalite

Pernahkah kamu jalan-jalan ke kota dan mobilmu mampir ke SPBU untuk mengisi bahan bakar? Jika ia, kamu tentu mengenal yang namanya premium dan pertalite. Premium atau bensin digunakan sebagai bahan bakar kendaraan bermotor. Ketersediaannya kadang kali sangat langka sehingga para pengendara umumnya akan menggantikan peran premium dengan pertalite. Pertalite memiliki fungsi dan kegunaan yang sama dengan premium meskipun harganya lebih mahal. Oleh karena itu, hubungan antara premium dan pertalite bisa dikatakan sebagai hubungan contoh barang substistusi.

6. Gelas dan Cangkir

Pernahkah ketika Anda hendak minum, gelas di rumah Anda kotor semua? Jika pernah, berarti pasti Anda akan menggantikan peran gelas dengan cangkir yang ada. Gelas dan cangkir dapat saling menggantikan karena keduanya memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda, oleh karena itu keduanya juga termasuk contoh barang substitusi.

7. Minyak Goreng dan Margarine

Ketika hendak menumis sayuran dan minyak goreng di dapur ternyata habis, maka kita bisa menggantikan fungsinya dengan margarine atau mentega. Keduanya dapat digunakan untuk menggoreng bumbu-bumbu tumisan sehingga kita bisa melanjutkan memasak.
Nah, itulah 7 contoh barang substitusi beserta pengertian dan penjelasannya? Sudah cukup paham bukan? Jika paham, silakan tuliskan beberapa contoh barang substitusi lainnya yang ada dan sering Anda gunakan sehari-hari di kolom komentar. Terakhir, mari kita lanjutkan membaca ke artikel selanjutnya yakni tentang contoh barang komplementer. Salam.

0 Response to "20 Contoh Barang Substitusi, Gambar, dan Pengertiannya"