Blog Contoh Majas

25+ Contoh Majas Antiklimaks dan Pengertiannya Lengkap

Contoh Majas Antiklimaks - Setelah mengulas informasi tentang majas klimaks pada artikel sebelumnya, di kesempatan kali ini kita akan membahas tentang kebalikan majas tersebut. Kita akan membahas seputar majas antiklimaks. Ya, jika majas klimaks merupakan gaya bahasa yang merunutkan kata-kata dalam satu hirarki mulai dari tingkat yang terendah ke tingkat yang tertinggi, maka majas antiklimaks merupakan gaya bahasa yang merunutkan kata-kata dalam satu hirarki mulai dari tingkat yang tertinggi ke tingkat yang terendah. Berikut pemaparan lengkap mengenai pengertian dan contoh-contoh majas antiklimaks yang mungkin akan dapat menambah wawasan Anda tentang khasanah bahasa Indonesia.

Pengertian dan Contoh Majas Antiklimaks

Antiklimaks tersusun atas 2 kata, yaitu “anti” yang berarti “berlawanan“ dan “klimaks“ yang berarti “puncak“. Oleh karena itu, secara bahasa, antiklimaks berarti berlawanan puncak.

Contoh Majas Antiklimaks

Adapun jika ditinjau dari segi istilah, majas antiklimaks diartikan sebagai suatu gaya bahasa yang merunut kata-kata dalam satu hirarki dari mulai tingkat tertinggi ke tingkat terendah.

Sama seperti majas klimaks, majas antiklimaks juga termasuk dalam kategori majas penegasan. Majas ini digunakan untuk menegaskan suatu maksud yang akan disampaikan.

Contoh Majas Antiklimaks

Untuk memahami secara utuh pengertian majas antiklimaks, simaklah contoh kalimat berikut ini:

Di kota, desa, hingga pelosok kampung, semua orang sibuk mempersiapkan perayaan HUT RI ke -64.

Dalam contoh kalimat di atas, terdapat kata yang sengaja dicetak tebal. Kata-kata yang dicetak tebal tersebut menunjukan bahwa mereka berada dalam rangkaian hierarki yang dirunut semakin menjauhi tingkatan puncak tertinggi. Rangkaian hierarki tersebut dimulai dari kata dengan tingkat hierarki tertinggi (kota), tingkat menengah (desa), dan tingkat tinggi (pelosok kampung).

Selain contoh di atas, kami juga telah menyusun beberapa contoh majas antiklimaks lainnya yang antara lain adalah sebagai berikut:
  1. Ajang pencarian bakat stand-up Comedy Indosiar bisa diikuti semua kalangan, mulai dari orang tua, orang dewasa, anak muda, hingga anak-anak usia SD.
  2. Baik kalangan ekonomi atas, kelas menengah, maupun kalangan ekonomi kelas bawah, semua sama-sama gusar karena kenaikan harga bahan pangan.
  3. Rakyat harus pandai pemimpin. Mulai dari gubernur, bupati, camat, hingga kepala desa, semuanya harus diduduki oleh orang-orang yang berkompeten.
  4. Harga di toko kami sangat bervariatif, mulai dari yang ribuan, puluhan ribu, ratusan ribu, hingga jutaan rupiah.
  5. Semoga dia kelak menjadi berguna bagi bangsa, agama, keluarga, dan khususnya orang tua.
  6. Mulai dari orang dewasa, remaja, balita, bahkan bayi sekalipun, semuanya berkumpul di acara sedekah bumi yang diadakan di balai desa.
  7. Ukuran celana yang toko saya jual sangat lengkap mulai dari yang terbesar yakni 4L, XL, L, M sampai yang S, semuanya tersedia dalam jumlah banyak.
  8. Setiap tingkat satuan pendidikan, mulai dari perguruan tinggi, SMA, SMP, hingga SD, sudah seharusnya tidak terbebani dengan penerapan kurikulum yang baru ini.
  9. Mulai dari wirausahawan, karyawan swasta, petani, hingga para buruh, semuanya adalah penggerak roda ekonomi bangsa.

Nah, itulah sekilas pembahasan kami mengenai contoh-contoh majas antiklimaks dalam kalimat. Sudah cukup jelas bukan? Semoga dapat bermanfaat dan silakan lanjutkan membaca artikel kami berikutnya yaitu mengenai contoh majas sarkasme. Simak juga rangkuman tentang Macam Macam Majas dan Contohnya.

0 Response to "25+ Contoh Majas Antiklimaks dan Pengertiannya Lengkap"