Blog Contoh Majas

15 Macam Macam Warna Hijau dan Namanya

Ada berjuta warna yang bisa dihasilkan dari 3 warna dasar merah, biru, dan kuning. Salah satunya adalah warna hijau. Warna hijau dihasilkan dari percampuran warna biru dan kuning dengan perbandingan yang sama. Bila perbandingan antara pencampuran biru dan kuning tidak seimbang, maka akan dihasilkan jenis warna hijau dengan identitas yang beragam. Berikut ini kami akan jelaskan macam macam warna hijau dan namanya lengkap dengan contoh gambarnya.

Macam Macam Warna Hijau

Berdasarkan teori warna, 2 warna utama akan menghasilkan jenis warna lain dengan panjang spektrum cahaya yang berbeda-beda. Paduan yang dihasilkan bisa berjuta-juta jumlahnya. Akan tetapi, tidak semua warna itu memiliki nama. Hanya sebagian yang memiliki sebutan umum sementara sebagian besar lainnya masih belum bernama.

Untuk menunjukan identitas suatu warna, biasanya digunakan standar RGB sebagai standar internasional. RGB yang merupakan kepanjangan dari RED, BLUE, dan GREEN adalah sebuah standar satuan nilai suatu warna. Nah, alih-alih kita pusing dengan standar RGB tersebut, mari kita langsung saja membahas tentang macam macam warna hijau yang menjadi topik pembicaraan kali ini.

Macam Macam Warna Hijau

1. Aquamarine (Biru laut, hijau kebiruan)
Yang pertama yaitu warna aquamarine. Sesuai namanya, jenis warna hijau ini identik dengan warna kebiruan. Tak heran bila kemudian orang Indonesia lebih sering menyebut warna ini dengan nama hijau kebiruan.

2. Celadon (Hijau pudar)
Macam macam warna hijau selanjutnya adalah hijau pudar. Warna ini terbentuk dari perpaduan warna hijau dan putih, sehingga menghasilkan kepudaran. Dalam bahasa asing, hijau pudar kerap disebut celadon.

3. Chartreuse (Hijau muda kekuning-kuningan)
Selanjutnya adalah warna Charteuse. Jenis warna hijau ini terbentuk dari perpaduan biru dan kuning dengan jumlah warna hijau yang lebih banyak. Karena warna kuning lebih banyak, maka kerap pula disebut hijau muda kekuning-kuningan. (Baca Juga : Lambang Asean dan Artinya)

4. Emerald (Hijau zamrud)
Sesuai namanya, warna hijau zamrud memang kerap ditemukan pada batuan mulia khas padang pasir, yaitu zamrud. Warna hijau ini terbentuk dari perpaduan hijau dengan sedikit warna hitam sehingga terkesan gelap.

Macam Macam Warna Hijau

5. Forest green (Hijau hutan)
Hijau hutan atau forest green adalah warna hijau yang cukup gelap. Warna ini dibentuk dari perpaduan hijau dan hitam dengan jumlah warna hitam yang lebih banyak. Tingkat kehitaman hijau hutan cenderung lebih tinggi dibanding hijau zamrud.

6. Green (Hijau)
Hijau sempurna adalah warna hijau yang terbentuk dari campuran biru dan kuning dengan perbandingan yang sama. Untuk membuat warna hijau sempurna tidaklah mudah karena selain harus memastikan kesamaan perbandingan, juga harus mempertimbangkan tingkat warna biru dan kuning yang dicampurkan.

7. Jade (Hijau lumut)
Macam macam warna hijau selanjutnya yaitu hijau lumut. Ketika boomingnya fenomena batu akik, warna ini terbilang cukup populer karena merupakan warna dasar dari salah satu jenis batu akik. Warna ini terbentuk dari campuran warna biru dan kuning dengan perbandingan warna biru yang lebih banyak.

8. Jungle green (Hijau rimba)
Di antara macam macam warna hijau lainnya, warna ini adalah warna yang terbilang cukup sering ditemukan pada lingkungan dan alam di sekitar. Sedikit berbeda dengan forest green, warna jungle green cenderung lebih gelap.

9. Lime (Hijau Limau)
Lime atau hijau limau adalah warna yang sering kita temukan pada buah jeruk limau mentah. Hijau limau cenderung lebih cerah karena perbandingan warna kuning lebih banyak dibandingkan warna biru.

10. Mustard (Kuning kehijauan pucat)
Warna mustard cenderung memiliki gradasi warna kuning yang lebih banyak. Tak heran bila untuk kita, warna ini lebih sering disebut kuning kehijauan. Kendati begitu, tak ada salahnya bila jenis warna ini kita masukan ke dalam daftar macam macam warna hijau ini.

Macam Macam Warna Hijau

Selain ke 10 macam macam warna hijau di atas, ada pula beberapa jenis warna hijau lainnya. Akan tetapi, karena sudah malas deskripsinya, silakan Anda deskripsikan warna-warna berikut ini setelah melihat contoh gambarnya.
11. Sea green (Hijau biru laut)
12. Teal (Hijau kebiruan)
13. Tangerine (Hijau jeruk kepruk)
14. Turquoise (Biru kehijauan)
15. Viridian (Hijau-abu-abu)


Demikianlah uraian yang bisa saya sampaikan macam macam warna hijau dan namanya beserta gambar dan deskripsinya. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan tentang teori warna khusus bagi Anda penyuka warna hijau. Salam.

0 Response to "15 Macam Macam Warna Hijau dan Namanya"