Blog Contoh Majas

20 Contoh Kalimat Majemuk Campuran, Pengertian dan Cirinya

Melanjutkan pembahasan artikel sebelumnya tentang contoh kalimat majemuk bertingkat, di kesempatan kali ini kita akan membahas lebih dalam tentang apa yang dimaksud dengan kalimat majemuk campuran. Bagi Anda yang sedang mengerjakan tugas membuat contoh kalimat majemuk campuran, silakan ikuti pembahasan berikut ini!

Contoh Kalimat Majemuk Campuran

Kalimat majemuk campuran adalah kalimat majemuk yang terdiri dari campuran kalimat majemuk setara atau rapatan dengan kalimat majemuk bertingkat. Setidaknya, dalam kalimat majemuk ini terdapat 3 klausa (kalimat tunggal) yang di antaranya terdapat 1 atau 2 klausa yang menjadi induk kalimat. Nah, untuk memudahkan pemahaman Anda tentang pengertian kalimat majemuk campuran, silakan simak contoh berikut:

Mereka sedang mengikuti acara musyawarah adat yang dihadiri oleh Bupati dan disponsori oleh perusahaan REA Kaltim.

Kalimat di atas adalah contoh kalimat majemuk campuran. Pada kalimat tersebut, inti pokok atau induk kalimat atau klausa utamanya adalah tentang informasi bahwa mereka sedang mengikuti upacara adat. Sementara 2 klausa selanjutnya hanya sebagai anak kalimat atau pengembangan dari klausa utama tersebut.

Contoh Kalimat Majemuk Campuran

Dari contoh kalimat majemuk bertingkat di atas, kita sebetulnya dapat menggarisbawahi beberapa ciri dari jenis kalimat majemuk ini, di antaranya yaitu:
  1. Mempunyai 3 atau lebih kalimat tunggal yang sebagian berperan sebagai induk kalimat dan sebagian lain berperan sebagai anak kalimat.
  2. Mempunyai 2 atau lebih kata penghubung yang menghubungkan antara klausa yang satu dengan klausa yang lainnya.
  3. Hubungan antar klausa pada kalimat majemuk campuran terdiri dari tingkat yang sama (setara) dan tingkat yang berbeda (bertingkat).

Jenis-Jenis Kalimat Majemuk Campuran

Berdasarkan pola klausanya, kalimat majemuk campuran terbadi menjadi 2 jenis, yaitu kalimat majemuk campuran yang terdiri dari 1 induk kalimat dan 2 atau lebih anak kalimat, serta kalimat majemuk campuran yang terdiri dari 2 induk kalimat dan 1 atau lebih anak kalimat. Berikut ini penjelasan dari masing-masing jenis kalimat majemuk campuran ini.

1. Kalimat Majemuk Campuran dengan 1 Induk Kalimat dan 2 Anak Kalimat

Kalimat majemuk ini terdiri dari 3 atau lebih kalimat tunggal (klausa). Satu klausa bertindak sebagai klausa utama (induk kalimat), sedangkan sisanya merupakan pengembangan pola dari induk kalimat dan bertindak sebagai anak kalimat. Lebih jelasnya simak contoh-contoh kalimat majemuk campuran berikut ini.
  1. Kami berdua berangkat ke bioskop yang baru saja diresmikan pak camat dan dibangun oleh pihak Pemda.
  2. Rita hendak pergi ke pasar dengan sepeda baru yang dibelikan ayahnya dan baju baru yang dibelikan ibunya.
  3. Mega tidak mau peduli meskipun ayahnya sedang sakit parah dan ibunya tidak berada di rumah.
Contoh Kalimat Simpleks dan Kompleks
Contoh Kalimat Majemuk Setara
Contoh Kalimat Majemuk Bertingkat
Contoh Kalimat Majemuk Rapatan

2. Kalimat Majemuk Campuran dengan 2 Induk Kalimat dan 1 Anak Kalimat

Kalimat majemuk ini terdiri dari 3 atau lebih kalimat tunggal (klausa). Dua klausa bertindak sebagai klausa utama (induk kalimat), sedangkan sisanya merupakan pengembangan pola dari induk kalimat dan bertindak sebagai anak kalimat. Lebih jelasnya simak contoh-contoh kalimat majemuk campuran berikut ini.
  1. Ayah mengajarkan tanggungjawab dan ibu mengajarkan kasih sayang agar anak-anak mereka bisa menjadi anak-anak yang baik.
  2. Roni memberinya buku dan Rino memberinya pensil supaya ia bisa belajar menulis.
  3. Agar Jakarta bebas macet, Pak Ahok memperbanyak koridor bus, sementara Pak Djarot mulai mensosialisasikan penggunaan angkutan umum.
  4. Karena roni terlalu sombong, Jasmin tidak mau berteman dengannya sementara Aladin sudah tak mau lagi berbicara dengannya.

Nah, demikianlah penjelasan tentang contoh kalimat majemuk campuran, pengertian, dan jenis-jenisnya. Untuk memahami pembahasan ini memang dibutuhkan daya konsentrasi yang tidak sedikit, sehingga ketika membacanya sebaiknya Anda benar-benar memusatkan pikiran supaya bisa mencerna dan membedakan satu jenis kalimat majemuk dengan kalimat majemuk lainnya. Berikutnya, silakan lanjutkan membaca artikel kami tentang contoh kalimat majemuk rapatan.

0 Response to "20 Contoh Kalimat Majemuk Campuran, Pengertian dan Cirinya"